Rabu, 12 April 2017

hadis tentang sedekah, menjaga kehormatan dan meminta-minta



عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ ا للهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ اَلنَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِوَذَ كَرَ الصَّدَ قَةُ وَالتَّعَفُّفَ وَالْمَسْأَلَةَ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى فَالْيَدُ الْعُلْيَا هِيَ الْمُنْفِقَةُ وَالسُّفْلَى هِيَ السَّا ئِلَةُ
Ibn umar r.a mengatakan: Aku mendengar Rasulullah Saw menyampaikan di mimbar tentang tiga hal yaitu: sedekah, menjaga kehormatan , dan meminta-minta. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan di bawah adalah orang yang meminta”
            Dalam riwayat diatas, Rasulullah Saw. Menyampaikan tiga topik dalam waktu yang bersamaan.  Topik yang pertama adalah sedekah, sedekah adalah pemberian sesuatu yang dapat disedekahkan kepada orang lain, baik berupa materi maupun non materi.  Sedekah yang berupa materi yaitu seperti uang, barang, dan lain-lain. sedangkan sedekah yang berupa non materi yaitu seperti tolong menolong, menyampaikan ilmu, memberikan jasa dan lain-lain. Apabila seseorang tergolong sebagai orang yang mampu dan  memiliki harta yang cukup banyak, Maka perlu sekiranya  untuk bersedekah dengan  memberikan sebagian dari harta yang  dimiliki kepada orang yang lebih membutuhkan.  Mengapa  Rasulullah menganjurkan untuk bersedekah?
            Rasulullah menganjurkan untuk bersedekah karena bagi orang yang bersedekah akan diberikan berbagai manfaat di dalamnya yaitu memperkuat iman, terhindar dari nilai materialisme, rasa syukur kepada tuhan, melatih berfikir positif, terhindar dari sifat kikir dan lain-lain.
            Setelah bersedekan Rasulullah menganjurkan agar menjaga kehormatan atau harga diri. Menjaga harga diri dimulai dari diri sendiri, dengan bertutur kata yang baik dan berperilaku yang santun serta mampu untuk mengoptimalkan potensi. Dengan demikian secara tidak langsung orang lain juga akan menghargai dan menghormatinya. 
Topik ketiga adalah meminta-minta. Setelah bersedekah dan menjaga harga diri kemudian umat muslim dilarang agar tidak meminta-minta. Jika seseorang secara fisik mampu untuk bekerja maka mencari pekerjaan yang halal lebih baik dari pada meminta-minta. Rasulullah bersabda dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh abu hurairah bahwa “pekerjaan seseorang yang mencari kayu bakar lebih baik dari pada orang yang meminta-minta.” Ini membuktikan bahwa pekerjaan apapun dengan mencari kayu bakar kemudian menjualnya lebih baik dari pada meminta-minta. Secara sosial, orang yang meminta-minta telah menjatuhkan harga dirinya di depan orang lain.
  Dari penjelasan di atas,ketiga topik tersebut sangat berhubungan erat antara topik pertama, kedua dan ketiga. Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk bekerja dan tidak bermalas-malasan agar seorang umat dapat berbagi hasil jeri payahnya dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Dengan besedekah maka seorang umat akan lebih menjaga harga dirinya agar tidak jatuh dan terhindar dari sifat meminta-minta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar